www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

BNBP Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Covid19

0 255

Acehasia.com | Banda Aceh- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  Melaksanakan kegiatan simulasi penanggulangan bencana pada masa pandemi Covid-19 di aula hotel Kyriad Muraya, Senin (07/09/2020).

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari dengan melibatkan instansi lintas sektor yang berkaitan dalam penanggulangan bencana seperti BPBA, Kodam IM, Polda Aceh, BPBD Banda Aceh dan Aceh Besar, Dinas Perhubungan Aceh, Dinas Sosial Aceh, Dinas Kesehatan Aceh, Basarnas, Diskominsa Aceh, BMKG Aceh Besar, PMI Aceh, RAPI serta Dinas PUPR Aceh.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten II Pemerintahan Aceh, Teuku Ahmad Dadek, disaksikan langsung oleh perwakilan BNPB Pusat, Bagus Tjahjono, Kepala Pelaksana BPBA, Sunawardi dan Kepala Stasiun Geofisika Mata Ie Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro. Banda Aceh (07/09/2020).

Kegiatan ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19. Setiap peserta diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak duduk selama mengikuti pelatihan simulasi penanggulangan bencana pada masa pandemi covid-19. 

Adapun kegiatan simulasi penanggulangan bencana ini dilakukan agar lintas sektor dinas saling bersinergi dalam penanggulangan bencana di era pandemi covid-19.

Asisten II Pemetintah Aceh, Teuku Ahmad Dadek saat membuka acara menyampaikan bahwa dalam keadaan bencana kita harus saling mendukung agar penanggulangan bencana di tengah pandemi bisa berlangsung maksimal.

“Peserta simulasi ini jangan abai dan tetap patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan covid-19 selama kegiatan berlangsung,”

Sementara itu, Anggota Satgas Penanganan Covid-19 Aceh, Fahmi Ridwan menambahkan pentingnya menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid 19 dalam penanganan gempa dan tsunami.

“Selama ini infrastruktur mitigasi gempa dan tsunami Aceh belum sensitif terhadap pencegahan Covid-19 di saat situasi pandemi seperti belum adanya tempat penyedia cuci tangan,” Ungkap Fahmi.

Secara realitas, Infrastruktur Gempa dan Tsunami di Aceh belum adaptatif pandemi. Untuk itu perlu adanya panduan evakuasi darurat peringatan dini tsunami dalam situasi covid-19, salah satunya adalah pemasangan rambu-rambu dan spanduk sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 yang dipasang di sejumlah jalur evakuasi bencana. 

Selain itu sejumlah materi pelatihan seperti manajemen penanggulangan darurat bencana   juga dipaparkan secara virtual oleh Theodora Eva, Perwakilan BNPB Pusat. Sebanyak 22 peserta juga diberi materi tentang rencana kontijensi gempa bumi dan tsunami di Aceh, Peringatan Dini Gempa Bumi dan Tsunami yang bisa diaplikasikan jika sewaktu-waktu bencana kembali melanda Aceh. 

Direncanakan kegiatan ini akan diakhiri dengan bakti sosial menyerahkan sejumlah bantuan berupa masker dan cairan pencuci tangan secara simbolis dari BNPB kepada BPBA Provinsi Aceh. [ ]

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More