www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

BKSDA Terima Bukti Bangkai Satwa Dilindungi

0 864

Acehasia,com|Banda Aceh – Balai konservasi sumber daya alam Aceh menerima puluhan barang bukti satwa yang dilindungi seperti paruh rangkong dan tulang kepala kijang yang rencananya akan diperjual belikan ke luar negeri. Barang bukti ini diserahan dari pengadilan negeri Aceh Tenggara kepada BSKDA Aceh dan sudah memvonis empat tersangka dengan hukuman dua tahun penjara.(26/7/19)

Barang bukti kejahatan satwa yang diterima oleh balai konservasi sumber daya alam Aceh, dari pengadilan negeri Aceh Tenggara, Aceh. Barang bukti seperti 16 paruh rangkong dan 18 tulang kepala kijang diterima setelah pengadilan memvonis empat tersangka penjual satwa dengan hukuman 2 tahun penjara.

Bangkai satwa yang dilindungi ini berasal dari hutan di kabupaten aceh tenggara. Para pemburu mencari rangkong dan kijang untuk dibunuh dan kemudian mengambil organ tubuh untuk diperjual belikan. Rencananya pihak bksda aceh akan meregestrasi kembali bukti-bukti bangkai satwa tersebut.

Taing Lubis, Selaku dokter BKSDA  Aceh mengatakan bahwa dalam kasus ini cula rangkong sangat mahal apabila dijual oleh tersangka, bahkan harganya bisa melebihi gading gajah.

“Ini satu kasus, ada empat orang tersangka, ini ada serahan dari masyarakat, ini paruh rangkong dan kijang satu kasus, ini akan kita regestrasi dan melapor dirjen dan menunggu perintah selanjutnya, ini cula rangkong sangat mahal, ini lebih barat dan harganya lebih dari gading gajah, ini di ukir dan digunakan untuk hiasan”, pungkasnya.
 
Perburuan satwa yang dilindungi masih marak terjadi diprovinsi Aceh. Orang yang tidak bertanggung jawab memburu satwa dengan berbagai cara. Hal tersebut membuat habitat satwa yang dilingungi terus terancam untuk keberlangsungan hidup manusia di masa mendatang.(Munandar/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More