www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

BKPSDM Aceh Lakukan Tes CPNS Hari Pertama Sebanyak 1000 Peserta

0 598

Acehasia.com | Banda Aceh – Hari pertama ujian tes CPNS 2020 untuk formasi Banda Aceh dilakukan diikuti Sebanyak 1000 peserta. Ujian dilaksanakan di ruang aula BPSDM Aceh, Senin (10/2/20)

BKPSDM Banda Aceh mengatakan bahwa ujian ini akan berlangsung hingga 4 hari ke depan, mulai 10-14 Februari 2020. Satu harinya ada 5 sesi ujian yang bisa diikuti oleh peserta.

“Hari ini ada 1000 orang peserta, setiap sesi ada 200 orang, cuma hari ini yang mengikuti ujian sebanyak 186 di sesi pertama karena 13 orang ada yang terlambat dan juga tidak hadir.” Jelas Nurhasanah SE. M.Si selalu Sekretaris BKPSDM Banda Aceh di sela-sela pelaksanaan ujian.

Untuk para peserta yang terlambat tidak diizinkan untuk mengikuti ujian dan dianggap gugur.

“Yang terlambat walaupun hanya lima menit tetap tidak bisa mengikuti ujian, meskipun kita sayang melihat mereka yang tidak bisa mengikuti ujian, tapi kepatuhan dan disiplin waktu itu bagi kita tetap nomor satu,” kata Hasanah.

Setiap peserta yang akan mengikuti ujian harus terlebih dahulu menitipkan tas bawaannya ke tempat petugas yang sudah disedialan, lalu melalui tahap pemeriksaan di pintu masuk untuk menghindari berbagai kecurangan dan hal yang tidak diinginkan.

Selanjutnya peserta masuk dan men-scan kartu ujian kepada petugas yang ada. Kemudian peserta akan diarahkan menuju ruang tunggu hingga sampai waktu ujian..

Untuk nilai kelulusan yang harus dicapai oleh peserta yaitu Tes Kerakteristik Pribadi (TKP) 126, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80 dan
Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65. Dengan minimal hasil nilai 271.

“Nilai ini harus lewat ketiganya, jika hanya satu atau dua yang nilainya tinggi tetap tidak lulus ujian,” terang Hasanah.

Pada proses ujian berlangsung turut pula Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman bersama Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar meninjau pelaksanaan ujian tes CPNS 2020.

“Alhamdulillah sepanjang pantauan kami, ini (tes SKD) sangat tertib, sangat aman dan sangat terkontrol. Jadi kami yakini ini akan berjalan sesuai harapan,” kata Wali Kota didampingi Ketua DPRK.

Wali Kota memastikan, seleksi CPNS ini berlangsung transparan. Tidak ada peluang sedikitpun untuk berbuat kecurangan, baik peserta maupun panitia karena sistem yang digunakan adalah Computer Assisted Test (CAT). Bahkan peserta dapat melihat langsung poin yang didapatkan setelah keluar dari ruang ujian.

“Seleksi ini sangat transparan. Bahkan Saya, Wali Kota, DPRK dan panitia tidak bisa intervensi, tidak bisa membantu. Jadi kalau ada teman, keluarga atau siapa saja yang minta bantu, kita angkat tangan. Dan jangan percaya calo,” tegasnya. (Ril/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More