www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

BKN- DPR RI dan Pemerintahan Aceh Bahas Upaya Perpanjangan Otsus

0 570

Acehasia.com | Banda Aceh. Badan Akuntabilitas Keuangan Negara DPR – RI melakukan pertemuan dengan pemerintahan Aceh membahas upaya Perpanjangan dana Otonomi Khusus yang selama ini di alokasikan untuk Aceh. Rabu (20/11/2019).

Marwan Cik Asan atau akarab disapa dengan Cekwan selaku pimpinan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR – RI bersama Pemerintah Aceh yang diwakili olek Sekda Aceh, dr. Taqwallah, M. Kes bertemu di ruang pertemuan Sekda Aceh membahas upaya perpanjangan dana Otsus Aceh.

Dalam pertemuan tersebut, Sekda Aceh dr. Taqwallah, M.Kes. mengatakan bahwa dana Otsus sangat memberikan dampak bagi pembangunan Aceh. Begitu juga dengan perekonomian Aceh yang terus meningkat.

“Keberadaan Otsus Aceh selama 11 tahun tersebut sangat memberikan dampak besar bagi pembangunan Aceh dan perekonomian Aceh yang berasal dari sumber dana Otsus. Karenanya dr. Taqwallah, M.Kes, berharap agar BAKN DPR – RI dapat merekomendasikan agar dana Otsus Aceh dapat diperpanjang serta  besarannya dapat dipertahankan.” Ujar Taqwallah.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh, Bapak H. T. Ahmad Dadek, SH, yang memimpin jalannya pembahasan, mengatakan bahwa, keberadaan Otsus selama 11 tahun telah menurunkan angka kemiskinan di Aceh sebanyak 8,11 %.

“Dana Otsus merupakan urat nadi Pemerintah Aceh dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan dana Otsus merupakan implementasi dari butir-butir perdamaian di Aceh yang bersifat abadi. Karenanya dana Otsus pun seyogyanya bersifat abadi dan damai”. Ungkap Teuku Dadek.

Rombongan BAKN yang terdiri dari Marwan Cik Asan, Prof. Dr. Hendrawan Supratikno, Ahmad Syaikhu, dam H. Bachrudin Nasori, S.Si, MM, menyatakan bahwa Pemerintah Aceh telihat sudah melakukan upaya yang cukup serius dalam penurunan angka kemiskinan di Aceh.

“Dari Tahun 2000, angka kemiskinan berjumlah 15,32 %, sama dengan angka kemiskinan di Aceh pada Tahun 2018, yaitu 15,32 %. Oleh karena itu, Ketua BAKN DPR – RI, Marwan Cik Asan, mengatakan akan melakukan upaya-upaya ke Pemerintah pusat agar dana Otsus dapat diperpanjang karena tidak pantas bagi kita Indonesia membiarkan Aceh dalam keadaan seperti pada Tahun 2000. Karena jika dana Otsus dicabut Aceh berada seperti tahun 1976”. Tutup Marwan Cik Asan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More