www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Berburu Benda Bersejarah, Warga Temukan Peninggalan Kuno Samudera Pasai

0 878

Acehasia.com | Aceh Utara – Sejumlah warga sejak dua pekan terakhir berburu benda bersejarah peninggalan masa kerajaan Aceh Samudera Pasai yang lokasinya tak jauh dari kompleks Makam Sultan Malikussaleh di Desa Beuringen, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara. Kamis (14/11/2019).

Beberapa penemu yang dijumpai Acehasia.com di lokasi pencarian, mereka menemukan beberapa benda peninggalan kerajaan Aceh di lokasi itu yang disebut-sebut merupakan bekas pusat perdagangan masa kerajaan Samudera Pasai.

Adapun beberapa benda yang ditemukan diantaranya uang kuno yang diyakini sebagai mata uang zaman Sultan Malik Az Zahir, batu akik yang nyaris menyerupai delima, dan pecahan-pecahan piring kuno. Sementara pencarian benda bersejarah ini dilakukan dengan cara menggali menggunakan alat seadanya.

Muhammad Azhar (33). Merupakan salah satu masyarakat yang menyaksikan aktivitas pencarian benda peninggalan tersebut secara langsung.

 “Saya kebetulan baru dua kali ini datang kemari untuk melihat langsung seperti apa pencarian terhadap benda-benda bersejarah masa kerajaan Aceh Samudera Pasai. Rata-rata warga menemukan uang kuno dan batu akik,” katanya.

Namun sebagaimana yang diamati Acehasia.com, warna pada uang kuno tersebut telah lusuh menghitam bercampur agak kekuningan. Para penemu meyakini bahwa benda itu adalah uang kuno karena jika dilihat dari tulisannya menyertai tulisan arab.

“Rata-rata disini kami menemukan batu akik yang berbeda dengan batu akik biasanya, dan uang kuno semacam dirham. Tetapi warna uang kuno yang kami temukan sudah berubah menjadi kehitaman abu-abu, mungkin karena termakan usia, dan kami temukan dengan cara menggali tanah,” terang salah seorang warga.

Beberapa penemu benda tersebut juga mengaku bahwa hasil temuan itu dijual kepada siapa saja yang berminat. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More