www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

BELAJAR MEMANAH DI TAMAN BACA CAHAYA ACEH

0 998

Aceh Besar- Minggu (26/05/2019)

Yayasan Cahaya Aceh membuka kelas belajar memanah untuk anak-anak di kawasan kecamatan baitussalam, aceh besar. Kegiatan ini berlangsung selama ramadan di balai Yayasan Cahaya Aceh Desa Lambada Lhok, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW, karena memanah adalah salah satu olahraga ketangkasan yang disunahkan untuk dikerjakan selama ramadan.

Kelas memanah ini bukan saja untuk anak-anak, tapi juga untuk para ustat dan usatazah yang mengajar di Balai Edukasi dan Taman Baca Cahaya Aceh ini. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama antara Cahaya Aceh dengan group Alwushta Arcery Banda Aceh.

Dalam kegiatan memanah ini, ada beberapa pelatih diantaranya Murtadha yang didampingi Awwal dan Imam. Peserta diajari tentang tehnik dan tata cara memanah modern. “Alhamdulillah memanah ini merupakan salah satu tuntunan Nabi Muhammad dan sunnah yang diajarkan beliau selain berenang dan berkuda” ungkap Murtadha.

Beberapa tehnik dasar diajarkan seperti posisi kaki dan badan, cara menggunakan busur, membidik sasaran hingga mencabut busur yang tertancap di bantalan. Kegiatan ini berlangsung dari jam 08.00 WB hingga siang hari. Para pemanah cilik dan peserta dewasa ini terlebih dahulu melakukan rangkaian permanasan dan beberapa pengetahuan tentang jenis jenis olah raga memanah.

Para peserta yang mengikuti terlihat sangat senang dan menekuni kegiatan memanah ini. Seperti Puput Salah seorang peserta dewasa menyatakan “sangat senang bisa ikut dalam kelas memanah. Ini pengalaman pertama saya, sangat senang bisa ikutan belajar disini” sebut mahasiswi Gizi tersebut.

Secara bergiliran anak anak yang berjumlah 40 orang tersebut menggunakan panahan untuk membidik sasaran yang berjarak 5-10 meter. “Karena anak anak ini masih pemula, maka kita ajarkan tehnik dasar dan sederhana dulu. Plus sedikit wawasan dan filosofi memanah seperti yang diajarkan Rasulullah” sebut Awwal pelatih memanah.

Sementara Pendiri Cahaya Aceh, Azwir Nazar menyampaikan bahwa memanah menjadi salah satu kelas alternatif di Cahaya Aceh untuk melatih ketangkasan dan fokus. “Ini kedua kali kita membuka kelas memanah, sekaligus menutup program gebyar Ramadhan Cahaya Aceh 1440 H”. Kita terus menfasilitasi kegiatan kegiatan positif dan berguna bagi masyarakat terutama anak anak di sekitar Aceh Besar dan Banda Aceh. Dan semua kegiatan di Cahaya Aceh dalam setahun ini secara full dan Kontinyu dilakukan secara gratis.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More