www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Bantuan Korban Banjir Aceh Tengah Berdatangan, Kali Ini Dari IMPAS Aceh-Jakarta

0 492

Acehasia.com | Aceh Tengah – Berbagai bantuan berdatangan untuk korban pasca banjir bandang yang melanda Desa Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah. Bantuan diantaranya datang dari Ikatan Mahasiswa Pascasarjana (IMPAS) Aceh – Jakarta.

Bantuan berupa sembako dan peralatan kebersihan diserahkan langsung kepada korban banjir oleh IMPAS, Jum’at (15/05/2020) sore. Koordinator Posko Bencana Banjir IMPAS, Badruddin, menyebutkan bantuan didatangkan setelah mereka mendapat kabar dari pemberitaan media tentang bencana banjir tersebut.

“Sesaat setelah mendapatkan kabar dari media tentang musibah bencana banjir di Aceh Tengah dan Bener Meriah, kami dari IMPAS tergerak hati dan berembuk dengan teman-teman yang lainnya dan berinisiatif membantu meringankan beban korban banjir,” kata Badruddin, Sabtu (16/05/2020).

Disebutkan, hasil sumbangan terkumpul 20 karung berisi beras, 42 kilogram gula pasir, 42 papan telur ayam, 96 kilogram minyak goreng, dan puluhan alat-alat kebersihan. “Yang kemudian, dibagi-bagikan secara terpisah di masing-masing Posko Darurat Desa,” ujar Bendahara Posko Bencana Banjir IMPAS, Muhammad Rusydi.

Sementara Koordinator Lapangan, Sahabul Adri, menyebutkan penyerahan bantuan dari IMPAS banyak dibantu oleh adik-adik Aliansi Kerja Ummat (AKU) yang terdiri dari belasan lembaga Relawan. Dalam kondisi hujan lebat, IMPAS membelanjakan kebutuhan masa panik.

“Meskipun dalam suasana hujan yang sangat lebat, alhamdulillah sejak belanja kebutuhan masa panik hingga pengangkutan kita dibantu oleh para relawan. Oleh sebab itu sangat terbantu dan mampu menjangkau Posko Desa,” ujar Sahabul Adri selaku Koordinator Lapangan.

Kepala Desa Paya Tumpi Baru dalam hal ini menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada IMPAS yang datang dari Jakarta sebagai bentuk peduli dengan membawakan bantuan korban banjir di Aceh Tengah.

“Saya di depan para masyarakat yang menjadi korban bencana ini mengucapkan ribuan terimakasih kepada Mahasiswa Pascasarjana yang tergabung dalam IMPAS, terlebih jauh-jauh dari Jakarta dan mau peduli terhadap kami di sini,” ucap Kepala Desa Paya Tumpi Baru.

Secara terpisah, Ketua Umum IMPAS, Yunidar, ZA menyampaikan terimakasih kepada relawan IMPAS di Gayo dan keluarga IMPAS yang telah bekerja dan berpartipasi bergotong-royong meringankan sedikit beban korban banjir di Aceh Tengah.

Ia berharap, sebagai penanganan bencana banjir maka Pemerintah Aceh harus mampu melakukan perencanaan yang baik karena kerusakan alam hutan di Aceh sangat parah. “Kita berharap dalam penangan bencana bajir bandang Pemerintah Aceh melakukan perencanaan yang baik karena kerusakan alam hutan di Aceh sangat parah,” ujarnya.

Jadi, selain harus merespon lebih cepat tanggap darurat dan memberikan perhatian serius kepada seluruh korban bencana banjir baik yang sedang di rawat di Rumah Sakit maupun warga yang rumahnya rusak akibat banjir, supaya segera dibangun kembali. Juga memperbaiki kerusakan hutan dan ekosistem alam.

Ketua Dewan Pertimbangan IMPAS, Muntasir Ramli, mengucapkan terimakasih kepada Keluarga Besar IMPAS yang telah berinisiatif “meuripei” atau berpartisipasi dalam meringankan beban korban di Aceh Tengah yang sedang tertimpa musibah banjir bandang. (Chairul)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More