www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Banjir di Lhoksukon Mulai Surut, Ruas Jalan Sudah Bisa Dilewati

0 423

Acehasia.com | Aceh Utara – Banjir yang sempat melanda sejumlah desa di Kemukiman Lhoksukon Tengah, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara mulai berangsur surut sejak Selasa sore (16/06/2020). Ruas jalan yang tadinya digenangi banjir, kini sudah kering.

Seperti yang terpantau di Desa Geulumpang, Desa Kumbang, dan Desa Meunasah Nga. Kini sudah bisa dilewati oleh semua jenis kendaraan. Sebelumnya pada Selasa pagi desa ini dilanda banjir dengan arus yang deras bahkan menyulitkan pengendara saat melintas.

Saudah (43), salah seorang IRT mengatakan banjir yang terjadi tidak berangsur lama. “Banjirnya datang tiba-tiba, surutnya juga cepat. Alhamdulilah rumah pun sudah kering, tadi siang air masih selutut di rumah, tapi sekarang sudah kering,” kata Saudah.

Berdasarkan pantauan Acehasia.com, selain Desa Geulumpang, Desa Kumbang dan Desa Meunasah Nga, banjir surut juga terlihat di Babah Geudubang, Meunasah Tuha, Meunasah Krueng, Meunasah Dayah, Meunasah Meuria, dan Meurebo.

Sementara pantauan di Kecamatan Matangkuli dan Pirak Timu, hingga Selasa malam banjir terus meningkat dan meluas ke beberapa desa lainnya. Bahkan sebagaimana informasi Personel Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Aceh Utara, beberapa titik ruas jalan juga terendam.

Keterangan sejumlah warga di lokasi, banjir dipicu hujan lebat yang mengguyur sejak Senin (15/06/2020) sehingga meningkatnya debit air sungai di sepanjang DAS Krueng Peutoe, Krueng Pirak dan Krueng Kreutoe hingga berujung luapan. Ketinggian air juga bervariasi, mulai dari 50 cm hingga satu meter lebih.

“Banjirnya lumayan deras, datang tiba-tiba. Sebagian barang-barang rumah kami ada yang bisa diselamatkan dan ada pula yang tidak, namun biasanya banjir ini tidak berlangsung lama kecuali jika hujan kembali mengguyur dengan lebat,” kata Adi dibenarkan warga lainnya. (Chairul)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More