www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Antisipasi Covid-19, Ini Himbauan Dinas Pendidikan Dayah

0 576

Acehasia.com | Aceh Utara – Sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan dayah atau pesantren, para Pimpinan Dayah bersama santri dan masyarakat di Aceh Utara dihimbau untuk agar memperbanyak zikir dan doa bersama serta berbagai kegiatan Ibadah.

Hal ini sebagaimana tertulis dalam surat bernomor 451.4/423 yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Utara ditandatangani Abdullah Hasbullah, S. Ag, MSM selaku Kadis Pendidikan Dayah Aceh Utara tertanggal 17 Maret 2020.

Surat itupun dikeluarkan dalam rangka menindaklanjuti surat edaran Gubernur Aceh dan Kadis Pendidikan Dayah Provinsi Aceh serta hasil rapat Pemerintah Kabupaten Aceh Utara tentang antisipasi penyebaran Covid-19 tersebut.

“Maka oleh karena itu kami menghimbau kepada Pimpinan Dayah, santri, masyarakat agar memperbanyak doa dan zikir serta berbagai ibadah mu’tabarah agar seluruh Pimpinan Dayah, dewan guru, santri, dan masyarakat mendapat perlindungan Allah SWT,” terang Abdullah Hasbullah sebagaimana tertulis dalam surat tersebut yang diterima Acehasia.com, Kamis (19/03/2020).

Sementara itu apabila aktifitas proses belajar mengajar di dayah dihentikan sementara waktu atau dilanjutkan maka pihaknya meminta agar memperhatikan beberapa langkah, salah satunya dilaksanakan selama 14 hari sejak 17 Maret 2020, UN tetap dilaksanakan sesuai jadwal berdasarkan kebijakan Pemerintah, saat santri kembali ke dayah maka diwajibkan membawa surat keterangan sehat dari instansi terkait.

Namun apabila proses belajar mengajar dilanjutkan, maka ditetapkan pula prosedur isolasi dimana selama 14 hari para santri tidak boleh keluar dari komplek, tidak boleh dijenguk serta tidak dibenarkan melakukan interaksi dengan dunia luar. Untuk itu, dapat meningkatkan kualitas kebersihan semua lini di lingkungan dayah masing-masing.

“Jika ada seseorang di lingkungan dayah mengalami demam, batuk, sakit tenggorokan dan sesak nafas maka agar dapat menggunakan penutup mulut atau masker dan segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat,” demikian Abdullah Hasbullah menerangkan. (Chairul)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More