www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

AKBP Untung Sangaji Sumbang Pakan Gajah CRU Cot Girek

0 910

Acehasia.com | Aceh Utara – Sebagai bentuk peduli dan cintanya terhadap satwa, AKBP Ir Untung Sangaji menyumbangkan pakan gajah berupa tebu dan nanas untuk empat ekor gajah jinak di camp Conservation Response Unit (CRU) Cot Girek, Aceh Utara, Selasa (03/12/2019).

Selain itu, mantan Kapolres Aceh Utara dan juga Wadir Polair Polda Sumut ini membantu logistik untuk mahout atau pawang yang mengurusi gajah-gajah jinak tersebut. Bantuan itupun langsung diserahkan melalui salah seorang penghubung, dan diterima oleh beberapa Mahout.

“Gajah adalah salah satu satwa yang dilindungi, kebetulan di CRU Cot Girek Aceh Utara ada empat ekor gajah jinak yang bertugas sebagai tim mitigasi konflik gajah liar dengan manusia. Jadi, kita juga perlu memberikan tanda jasa kepada gajah-gajah itu,” kata Untung Sangaji, Rabu (04/12/2019) yang kini menduduki jabatan barunya di Mabes Polri.

Dalam hal ini, Untung Sangaji juga memberikan ide agar para Mahout tetap semangat dalam menjalankan tugasnya bersama gajah-gajah jinak.

“Bisa dibuat Program Wisata Fauna Gajah maupun bentuk edukasi untuk pelajar SMP dan SMA. Semoga gajah-gajahnya tetap dalam keadaan sehat,” tukas Untung Sangaji kini bertugas di Mabes Polri Trunojoyo Jakarta.

Sementara itu Leader CRU Cot Girek, Zaikyattuddin Syah menyampaikan rasa terimakasihnya atas sumbangan pakan gajah jinak. Kondisi empat ekor gajah jinak juga dalam keadaan sehat dan tentunya diawasi oleh empat orang Mahout serta dua orang Asisten.

“Saya mewakili teman-teman Mahout dan sebagai Leader CRU Cot Girek sangat berterimakasih kepada AKBP Ir Untung Sangaji yang peduli terhadap gajah-gajah kami melalui pemberian pakan gajah dan logistik Mahout. Alhamdulilah gajah CRU Cot Girek dalam keadaan sehat,” kata Zaikyattuddin.

Sejauh ini, sambung Zaiky, pakan alami sudah mulai berkurang dikarenakan kawasan untuk angon gajah berganti menjadi kebun aktif masyarakat yang sebelumnya tidak terawat kini kembali dirawat kembali oleh masyarakat. Hal itu seiring telah difungsikannya Camp CRU, sehingga untuk itu diharapkan ada pendonor bantuan pakan gajah.

“Jika hanya mengandalkan anggaran yang disediakan sangatlah tidak mencukupi untuk empat ekor gajah yang berada di CRU Cot Girek. Terimakasih kami sampaikan kepada kakanda Untung Sangaji yang telah menginisiasi sumbangan ini,” terang Zaiky secara terpisah kepada Acehasia.com. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More