www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

14 Tahun Damai Aceh, Masih ada Butir MoU Helsinki yang Belum direalisasikan

0 747

Acehasia.com | Banda Aceh- Pemerintahan Aceh berserta Juru Runding Gerakan Aceh Merdeka (GAM) kembali memperingati perdamaian antara RI-GAM yang ke 14. Kegiatan yang di gelar di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh Berlangsung sederhana. Kamis (15/08/2019).

Pemerintah Aceh, Lemabaga Wali Nanggroe, Badan Reintegrasi Aceh (BRA) serta seluruh Forum Komunikasi Pimpinanan Daerah (FORKOPIMDA) ikut hadil dalam acara peringatan 14 tahun perdamaian Aceh  ini.

Peringatan kali ini, Pemerintahan Aceh mengusung tema Perdamaian Menuju Aceh Hebat dan Sejahtera dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kegiatan ini sebagai bentuk refleksi untuk para tokoh dan kombantan Gerakan Aceh Medeka  untuk terus menjaga dan merawat perdamaian yang hakiki di provinsi Aceh.

Acara Peringatan MoU Helsinki di Gelar di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh. Kamis (15/8/19). Foto : Fajri

Salah seorang mantan GAM, Tgk Zulkarneini menilai masih belum sepenuhnya butir kesepakatan bersama antara GAM dan RI terealisasi,  secara umum kondisi pembangunan pasca damai dilihat dari berbagai sektor jauh labih baik dari sebelumnya.

“Kesepakan perdamaian yang dituangkan kedalam MoU Helsinki pada 15 Agustus 2005 lalu belum sepenuhnya dijalankan. Masih ada butir kesepakatan antara GAM dengan RI yang belum terlaksana,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, sejumlah butir kesepakatan bersama yang belum terealisasi bahkan hingga saat ini masih menjadi polimik antara pemerintah Aceh dengan Pemerintah Pusat seperti lambang dan bendera Aceh, serta hak-hak mantan kombatan yang masih banyak terabaikan.

Selain itu, Badan Reintegrasi Aceh (BRA) telah menyiapkan program pembagian lahan untuk Mantan Kombatan, tahanan politik, narapidana politik serta korban konflik. Masing-masing akan mendapatkan lahan 2 hekatre.  

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More